Palladium vs. Platinum, Manakah yang Terbaik?

Palladium Merupakan Logam Yang Kini Sedang Banyak Disukai Dan Tengah Menjadi Tren. Biasanya, Perhiasan Yang Menggunakan Logam Palladium Adalah Cincin Kawin Atau Cincin Tunangan. Sama Dengan Palladium, Platinum Pun Merupakan Logam Mulia Yang Banyak Dipilih Untuk Cincin Pernikahan.

Dari segi tampilan, kedua logam tersebut memang terlihat mirip. Namun, tetap saja ada perbedaan di antara keduanya. Jadi, untuk kamu yang masih bingung memilih antara platinum dan paladium, simak dulu yuk beberapa perbedaan kedua logam tersebut di sini!

Harga Logam Platinum dan Palladium

Platinum: Di antara logam mulia lainnya, platinum memiliki harga yang paling mahal. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor, misalnya daya tahan dan kelangkaan.

Palladium: Beberapa tahun lalu, harga palladium terpaut jauh di bawah platinum. Namun, berkat permintaan yang meningkat dari berbagai industri, seperti perhiasan, otomotif, bahkan elektronik, maka harga logam palladium pun meroket naik.

Walau harga palladium naik cukup signifikan, namun platinum tetap memiliki harga sedikit lebih mahal. Alasannya karena logam platinum memiliki kepadatan lebih tinggi dibanding palladium.

 Mana yang Lebih Kuat: Platinum atau Palladium?

Platinum: Platinum memiliki daya tahan atau ketahanan yang sangat baik dibandingkan dengan logam emas, palladium, ataupun perak. Hal inilah yang membuat platinum menjadi salah satu logam terbaik serta memiliki harga lebih mahal diantara jenis logam lainnya. 

Platinum merupakan logam yang tahan terhadap karat, korosi, serta tak akan mengalami keausan seperti logam mulia lainnya.

Palladium: Palladium pun memiliki daya tahan yang lama, akan tetapi memiliki tingkat ketahanan lebih rendah dibandingkan dengan platinum. Karena sifatnya yang lembut, logam palladium lebih mudah tergores dibanding platinum.

 Tampilan Platinum dan Palladium

Platinum: Platinum memiliki warna putih. Itu sebabnya perhiasan dari platinum akan lebih cantik jika menggunakan batu berlian. Pasalnya, warna putih pada platinum bisa membuat berlian terlihat lebih bersih dan berkilau.

Palladium: Sama seperti platinum, warna alami palladium juga putih. Namun, warna putih palladium sedikit lebih gelap dibanding platinum.

Warna putih di platinum dan palladium akan tahan selamanya. Itu sebabnya, perhiasan dari dua logam ini tidak perlu dilapisi lagi dengan logam rhodium, layaknya perhiasan emas putih.

 Apakah Keduanya Menimbulkan Reaksi Alergi?

Platinum: Ada kalanya, menggunakan perhiasan dengan logam tertentu menimbulkan reaksi seperti kulit kemerahan atau gatal-gatal. Nah, logam platinum memiliki sifat hypoallergenic atau tak menimbulkan reaksi alergi kepada penggunanya.

Palladium: Logam ini pun termasuk logam yang murni. Jadi, palladium termasuk jenis logam yang memiliki sifat hypoallergenic, sama dengan platinum. Itu sebabnya, kedua logam ini sama-sama aman digunakan.